Zay Muttaqin

July 20, 2010

Manajemen Air Minum Di Belanda

Filed under: lingkungan dan perkotaan — E.Zaenal.Muttaqin @ 10:52 am

Salah satu kebutuhan paling mendasar dalam hidup dan kehidupan manusia adalah air minum, oleh karenanya penyediaan kualitas air minum yang bermutu dan memenuhi standar kesehatan harus diupayakan sebaik mungkin guna mencapai kualitas hidup dan kehidupan yang sehat. ketika pertama kali berada di negeri Belanda dalam rangka studi Master, banyak sekali hal yang saya perhatikan dan terkadang aneh menurut saya, namun lambat laun setelah beradaptasi dan berinteraksi dengan kehidupan yang “modern” akhirnya baru menyadari bahwa betapa rapih dan tertanya kehidupan di negeri bekas penjajah kita ini.
Salah satu hal yang cukup menyita perhatian saya adalah mengenai sistem manajemen air minum yang terpadu dan menyeluruh sehingga kebutuhan rakyat Belanda dapat terpenuhi, disamping itu secara teknis sistem air minum di belanda tidak mengadung klorin sehingga aman untuk dapat dikonsumsi secara langsung dari keran air. sampai saat ini Belanda termasuk salah satu negara yang memiliki kualitas air minum terbaik di dunia dan mampun menyediakannya untuk kebutuhan sehari-hari.
Selain itu pengelolaan air minum di Belanda tidak hanya menjadi tugas pemerintah semata tetapi juga bersama-sama dengan beberapa perusahaan air terkemuka yang dipilih oleh pemerintah, sehingga tugas pengadaan air dapat dikelola dengan baik. agar pemenuhan air minum dapat merata, maka pemerintah pusat memberikan kewenangan kepada pemerintah daerah seperti propinsi, municipal atau Gemeente untuk mengelola air minum secara baik dan dengan standar yang sudah ditetapkan dengan akurasi teknologi yang tepat. hal ini dapat dilihat dari hasil data yang diperoleh dari Vewin (vereniging van waterbedrijven) yaitu perusahaan air di Belanda yang terus menyediakan kebutuhan air minum dengan terus mengembangkan inovasi dan kolaborasi dengan pihak2 terkait serta komunitas sosial untuk terus mengadakan penelitian-penelitian.
tentu saja hal tersebut harus ditopang dengan sumber daya manusia dan teknologi yang mutakhir, keadaan demikian memberikan suatu gambaran bagaimana pemerintah dan pihak terkait dapat memberikan pelayanan yang sempurna bagi masyarakat dan publiknya, tentunya hal tersebut dapat dikembangkan di Indonesia, mengingat sumberdaya alam yang begitu melimpah jika hanya dibandingkan Belanda yang jauh lebih baik dibandingkan kita, pasti ada yang salah salah dengan kita.

Leave a Comment »

No comments yet.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: